Implementasi literasi numerasi di sekolah dasar masih menghadapi tantangan, khususnya dalam menemukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas III pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media permainan Ular Tangga LINUMSI terhadap literasi numerasi siswa pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah di kelas III SDN Ganting Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen non-equivalent control group design yang melibatkan 50 siswa, terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 90,41, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 82,03. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedu kelompok. Media permainan Ular Tangga LINUMSI terbukti efektif meningkatkan literasi numerasi siswa melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan kolaboratif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media Ular Tangga LINUMSI sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025