JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Scrapbook Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD

Ika Imroatul Jamilah (Unknown)
Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar menghadapi tantangan berupa rendahnya motivasi, media konvensional membosankan, pemahaman siswa kurang optimal, keterlibatan rendah, serta kearifan lokal jarang dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook digital berbasis kearifan lokal guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan tanggapan siswa dianalisis menggunakan instrumen angket dengan jumlah sampel 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook dinilai sangat baik dengan penilaian kualitas oleh ahli materi sebesar 91%, ahli media 84%, guru Ilmu Pengetahuan Alam 94%, dan tanggapan siswa sebesar 87%. Sebelum penggunaan scrapbook digital, motivasi dan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang (56%), sedangkan setelah penggunaan meningkat ke kategori tinggi (79%). Analisis statistik dengan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 16,449 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,093, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara motivasi dan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media. Kesimpulannya, media pembelajaran scrapbook digital berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya pada materi hewan dan tumbuhan. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...