JURNAL EKOBIS DEWANTARA
Vol 8 No 3 (2025): JURNAL EKOBIS DEWANTARA

Pengaruh Beauty Influencer Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Konsumen Gen Z Cushion Skintific Di Yogyakarta

Sari, Anggita Devintya (Unknown)
Wikaningtyas, Suci Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Industri kecantikan saat ini tengah mengalami perkembangan yang pesat baik berasal dari lokal maupun luar negri dengan konsumen utamanya adalah Gen Z. Oleh karena itu, seiring dengan perilaku Gen Z yang lebih informatif dan mengeksplor segala aspek sangat penting untuk mencari tau faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan Keputusan pembelian. Penelitin ini bertujuan untuk menguji pengaruh Beauty Influencer dan Electronic Word Of Mouth terhadap Purchase Decision melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Cushion Skintific di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis kuisioner menggunakan Google Form sebagai alat penelitian yang diberikan kepada 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan structural equation model (SEM) SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Beauty Influencer tidak berpengaruh terhadap Brand Image, Beauty Influencer tidak berpengaruh terhadap Purchase Decision, Brand Image berpengaruh positif kuat terhadap Purchase Decision, E-WOM berpengaruh positif kuat terhadap Brand Image, E-WOM berpengaruh positif cukup kuat terhadap Purchase Decision, Brand Image memediasi secara penuh (full mediation) pengaruh  Beauty Influencer terhadap Purcahse Decision,  Brand Image memediasi secara parsial (partial mediation) pengaruh E-WOM terhadap Purchase Decision.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekobis Dewantara Fakultas Ekonomi berfokus pada artikel penelitian tentang topik Manajemen Keuangan, MSDM, Manajemen Strategi, dan Manajemen ...