JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektivitas Penggunaan Green House terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 7 Bone

Nurul Fahriyani (Unknown)
Muhammad Ali (Unknown)
Muliana, Muliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Studi ini bermula dari permasalahan minimnya penguasaan keterampilan proses sains pada siswa untuk memahami konsep biologi secara praktis dan kritis akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang efektif. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengukur tingkat keberhasilan implementasi metode greenhouse dalam mengembangkan keterampilan proses sains pelajar pada pembelajaran biologi di SMAN 7 Bone. Metode pendekatan yang diterapkan ialah pendekatan kuantitatif mengaplikasikan rancangan Pre-Experimental dengan model One Group Pre-Test and Post-Test. Populasi penelitian melibatkan 29 peserta didik dari kelas XII MIPA I. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes awal dan tes akhir serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Proses analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa data yang terkumpul telah memenuhi kriteria normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menghasilkan nilai substansial 0,000 yang lebih rendah dari batas kritis 0,05, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil tersebut, implementasi metode Greenhouse terbukti memberikan dampak positif untuk membangun kemampuan proses sains pelajar pada pembelajaran biologi. Hasil studi ini bisa digunakan sebagai rujukan bagi para educator dan praktisi pendidikan dalam membangun pendekatan pembelajaran yang lebih efektif sehingga dapat dijadikan rujukan bagi para pendidik untuk mengadopsi metode serupa dalam membangun kemampuan proses sains di kelas biologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...