JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMP Kabupaten Dompu

Hen Ardiansyah (Unknown)
Wahyuddin, Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Pembelajaran sejarah sering kali dianggap membosankan oleh sebagian siswa karena pendekatannya yang cenderung monoton dan didominasi oleh hafalan fakta, tanggal, dan tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall pada mata pelajaran Sejarah dan mengetahui pengaruh penggunaannya terhadap minat belajar siswa SMP 5 Woja di Kabupaten Dompu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi sejarah yang dianggap sulit dipahami dan cenderung membosankan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi beberapa tahap: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, uji validitas ahli, uji coba terbatas, revisi, serta uji lapangan. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMP 5 Woja di salah satu sekolah di Kabupaten Dompu. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi (skor 87%) dan ahli media (skor 90%). Uji coba terbatas menunjukkan bahwa 82% siswa merasa lebih termotivasi belajar sejarah, dan minat belajar meningkat sebesar 25% dibandingkan sebelum penggunaan media. Kesimpulannya, media interaktif berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...