Pembelajaran sejarah sering kali dianggap membosankan oleh sebagian siswa karena pendekatannya yang cenderung monoton dan didominasi oleh hafalan fakta, tanggal, dan tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall pada mata pelajaran Sejarah dan mengetahui pengaruh penggunaannya terhadap minat belajar siswa SMP 5 Woja di Kabupaten Dompu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada materi sejarah yang dianggap sulit dipahami dan cenderung membosankan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi beberapa tahap: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, uji validitas ahli, uji coba terbatas, revisi, serta uji lapangan. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMP 5 Woja di salah satu sekolah di Kabupaten Dompu. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi (skor 87%) dan ahli media (skor 90%). Uji coba terbatas menunjukkan bahwa 82% siswa merasa lebih termotivasi belajar sejarah, dan minat belajar meningkat sebesar 25% dibandingkan sebelum penggunaan media. Kesimpulannya, media interaktif berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025