Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengembangan E-Modul IPA Berbasis PjBL (Project Based Learning) Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Sulistiana, Lina (Unknown)
Rahayu, Satutik (Unknown)
Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis PjBL (Project Based Learning) pada materi Pencemaran Lingkungan yang layak digunakan kedalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Prosedur yang digunakan mengacu pada model 4D yang ditemukan oleh (Thiagarajan et al,.1974). Model ini terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, and disseminate, penelitian ini berfokus pada tahap develop. Lembar validasi digunakan untuk mendapatkan data yang dikumpulkan atau dibutuhkan dan mengukur hasi penilaian dari validator yang terdiri dari validator ahli materi, ahli Bahasa dan ahli media. Tahap validasi produk yang dikembangkan terdiri dari E-Modul IPA beserta perangkat pendukung seperti ATP, Modul Ajar dan LKPD. Teknik analisis data untuk mengukur kelayakan e-modul menggunakan indeks Aiken’s V. Hasil validasi oleh ketiga validator yaitu tiap komponen e-modul dan perangkat pembelajaran masuk pada rentang 0,75-0,81, artinya rata-rata nilai tiap komponen perangkat pembelajaran tersebut masuk dalam kriteria valid untuk dapat diuji cobakan kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...