Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Pengembangan Media Interaktif SIPEMA untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Pernapasan Manusia Kelas V SDN Tinjomoyo 01 Kota Semarang

Ma’rufah, Siska Azkiyatul (Unknown)
Andaryani, Eka Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektivan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) bernama SIPEMA (Sistem Pernapasan Manusia) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Tinjomoyo 01 pada materi IPAS tentang sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah disederhanakan menjadi delapan tahap, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Efektivitas media diuji menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. Validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kelayakan sangat tinggi, masing-masing sebesar 95% dan 88,33%. Hasil uji keefektifan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari 41,09 menjadi 80,36. Uji paired t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Skor N-gain sebesar 0,76 mengindikasikan efektivitas tinggi dari penggunaan media SIPEMA. Secara praktis, SIPEMA terbukti mampu mengatasi tantangan pembelajaran pasif dan mempermudah pemahaman konsep abstrak dalam sains melalui visualisasi 3D dan interaksi digital yang menarik. Dengan demikian, media ini layak dan efektif digunakan sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...