Latar Belakang: Program Z Kantin yang diinisiasi oleh BAZNAS Kabupaten Kudus merupakan upaya inovatif dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial dan kedermawanan kepada siswa sejak usia dini melalui praktik sedekah harian di sekolah. Tujuan: Kegiatan ini untuk menganalisis kontribusi relawan magang dalam mendukung implementasi edukasi sedekah harian melalui program Z Kantin di SD Negeri 1 Kesambi. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, dan wawancara terhadap siswa, guru, serta pengelola kantin. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa kehadiran relawan magang berperan penting sebagai fasilitator edukatif, pengelola administrasi sedekah, serta penguat nilai karakter siswa. Relawan mampu mendorong siswa untuk terbiasa berbagi secara sukarela, meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana sedekah, dan memperkuat sinergi antara sekolah dan BAZNAS dalam menumbuhkan budaya filantropi di lingkungan pendidikan dasar. Kesimpulan: Program ini menunjukkan efektivitasnya sebagai model pembelajaran karakter yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan sangat relevan untuk direplikasi di sekolah-sekolah lainnya.
Copyrights © 2025