Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif di toko laptop bekas khususnya untuk Toko Relaps Computer dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Toko Relaps Computer yang berfokus penjualan laptop bekas dalam memasarkan produknya. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Dengan metode analisis langsung ke lokasi, wawancara ke owner, pegawai dan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Relaps Computer memiliki kekuatan dalam hal harga yang kompetitif dan kualitas produk yang baik, namun memiliki kelemahan dalam hal promosi dan lokasi yang kurang strategis, peluang yang dapat dimanfaatkan adalah meningkatnya permintaan laptop bekas di kalangan mahasiswa dan pekerja, sedangkan ancaman yang dihadapi adalah persaingan yang ketat di pasar laptop bekas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan strategi pemasaran di toko laptop bekas dan meningkatkan kinerja bisnisnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025