IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 2 (2025): AGUSTUS 2025

The Integrasi Tauhid, Biomimikri, dan Proses Desain Rekayasa: Kerangka Konseptual untuk Evaluasi Holistik dalam Pendidikan Islam

Nurli Nurlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Pendidikan tauhid kontemporer menghadapi berbagai tantangan, antara lain dominasi pendekatan normatif-dogmatis yang berfokus pada hafalan, dikotomi ilmu agama dan sains, serta krisis spiritual dan ekologi. Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian ini merumuskan blueprint instrumen evaluasi pembelajaran berbasis integrasi Tauhid, Biomimikri, dan Proses Desain Rekayasa (Engineering Design Process). Penelitian ini menggunakan pendekatan konseptual melalui kajian literatur, analisis model pembelajaran, identifikasi indikator, penyusunan instrumen evaluasi, dan analisis konseptual. Hasil penelitian menghasilkan kerangka evaluasi dengan empat instrumen utama: (1) rubrik proses dan produk untuk menilai aspek kognitif, afektif, spiritual, dan kesadaran asma wa sifat, yaitu mengenal sifat Allah SWT melalui ayat kauniyah; (2) kuesioner refleksi siswa untuk mengukur kesadaran ulūhiyyah yaitu niat ibadah, rasa syukur, amanah, dan tanggung jawab khalifah; (3) lembar observasi guru untuk menilai keterampilan abad ke-21 seperti critical thinking, problem solving, kolaborasi sekaligus nilai itqān, doa, daya cipta, jihad dan tawakkal; (4) evaluasi produk atau prototipe yang menilai inovasi teknis, inspirasi biomimikri, keberlanjutan, manfaat, aplikabilitas, dan kesadaran rubūbiyyah, yakni pemahaman bahwa seluruh sistem alam tunduk pada rancangan Allah sebagai satu-satunya Tuhan. Analisis menunjukkan bahwa model Tauhid–Biomimikri–Proses Desain Rekayasa bersifat holistik, menilai capaian kognitif sekaligus internalisasi tauhid, etika ekologis, dan keterampilan abad ke-21. Blueprint ini menjadi dasar konseptual yang siap diuji secara empiris guna memperkuat paradigma pendidikan Islam sebagai rahmatan lil-'alamin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...