Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan perkembangan sosio-emosional dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan subjek 35 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis angket/observasi serta uji beda untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan layak dan efektif. Validasi ahli materi memperoleh skor 115 (92%) dengan rata-rata 4,6 kategori “Baik”, sedangkan validasi ahli media memperoleh skor 112 (90%) dengan rata-rata 4,48 kategori “Baik”. Penilaian pengguna yang terdiri dari 35 siswa dan 1 guru mencapai skor 1565 (88,1%) dari skor maksimal 1776, termasuk kategori “Layak”. Uji efektivitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif dalam meningkatkan perkembangan sosio-emosional dan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2025