Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 5 No. 2 (2025): Penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Inovasi Media Pembel

Pengembangan Modul Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Perkembangan Sosio-Emosional dan Motivasi Belajar Siswa SMP

Hery, Achmad (Unknown)
Abduh, Moh. (Unknown)
Sutisna, Moh. (Unknown)
Suidat, Suidat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan perkembangan sosio-emosional dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan subjek 35 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis angket/observasi serta uji beda untuk mengetahui efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan layak dan efektif. Validasi ahli materi memperoleh skor 115 (92%) dengan rata-rata 4,6 kategori “Baik”, sedangkan validasi ahli media memperoleh skor 112 (90%) dengan rata-rata 4,48 kategori “Baik”. Penilaian pengguna yang terdiri dari 35 siswa dan 1 guru mencapai skor 1565 (88,1%) dari skor maksimal 1776, termasuk kategori “Layak”. Uji efektivitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif dalam meningkatkan perkembangan sosio-emosional dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...