Holistik Jurnal Kesehatan
Vol. 19 No. 6 (2025): Volume 19 Nomor 6

Survei kepuasan terhadap penggunaan aplikasi “Sepekan”

Indarto, Tomi (Unknown)
Kholifah, Anik Nur (Unknown)
Widiyawati, Wiwik (Unknown)
Mulyani, Endah (Unknown)
Musfara, Deah Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Background: The use of information technology and digitalization to develop public services is known as e-government. One example is the "Sepekan" application, a technological advancement designed to facilitate user access to services or information related to specific systems, such as public services, education, or data management. Purpose: To gather user feedback regarding the "Sepekan" application user experience. Method: This quantitative research used an analytical observational design and a cross-sectional approach. The study population consisted of 453 respondents from all "Sepekan" application users during 2024, collected using a sampling technique. Results: Based on statistical tests conducted using chi-square and somer db on the "Sepekan" application user satisfaction variable, none were significant. Conclusion: The level of satisfaction with the application is highly dependent on its capacity and level of need.   Keywords: Application; Satisfaction; Sepekan.   Pendahuluan: Penggunaan  teknologi  informasi  dan digitalisasi guna  pengembangan  layanan  publik  kepada  masyarakat  dikenal  sebagai  e-government, salah satunya yaitu aplikasi “Sepekan” yaitu salah satu jenis kemajuan teknologi dalam bentuk aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengakses layanan atau informasi yang terkait dengan sistem tertentu, seperti pelayanan publik, pendidikan, atau manajemen data. Tujuan: Untuk mengumpulkan umpan balik dari pengguna mengenai pengalaman menggunakan aplikasi “Sepekan”. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik serta pendekatan cross sectional dengan jumlah populasi yaitu seluruh pengguna aplikasi “Sepekan” selama tahun 2024 sebanyak 453 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik sampling. Hasil: Berdasarkan uji statistis yang dilakukan dengan chi-Square dan somer db pada varibel pengguna aplikasi “Sepekan” terhadap kepuasan,  tidak ada yang signifikan. Simpulan: Tingkat kepuasan terhadap aplikasi “Sepekan” sangat bergantung pada kapasitas tingkat kebutuhan.   Kata Kunci: Aplikasi; Kepuasan; Sepekan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjk

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Berisi kumpulan karya ilmiah dari peneliti diberbagai perguruan tinggi di Indonesia, di bidang ilmu kesehatan khususnya bidang ilmu keperawatan yang berdasarkan kepada kebutuhan pasien secara total meliputi: kebutuhan fisik, emosi, sosial, ekonomi dan spiritual. Adapun penelitiannya mencakup 4 aspek ...