Permasalahan dalam penelitian ini adalah keragaman karakteristik peserta didik SMP Yapentom II Maumere berdampak pada perbedaan gaya belajar, sehingga berpengaruh pada keaktifan dalam proses pembelajaran serta keterbatasan LKPD yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan penggunaan dari (e-LKPD) berbasis discovery learning pada pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development yang terdiri dari 4 tahapan pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate) dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil pengembangan berupa e-LKPD interaktif yang menyediakan berbagai aktivitas pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam. Instrument penelitian yang digunakan berupa validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media untuk mengetahui kevalidan e-LKPD sedangkan angket respon guru dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dari e-LKPD yang digunkan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 82,22% dengan kategoria sangat valid, hasil validasi dari ahli bahasa diperoleh presentase sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid dan sedangkan hasil validasi dari ahli media sebesar 73,12% dengan kategoria valid. Pada uji coba yang dilakukan pada 25 peserta didik dengan peresentase sebesar 87% kriteria sangat praktis dan guru dengan peresentase 67% kriteria praktis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran sistem pernapasan manusia di kelas VIII melalui pemanfaatan teknologi dan pendekatan discovery learning yang mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025