Jurnal Menara Medika
Vol 8, No 1 (2025): VOL 8 NO 1 SEPTEMBER 2025

TRANSFORMASI PENDIDIKAN KESELAMATAN PASIEN BAGI MAHASISWA KEPERAWATAN: TINJAUAN LITERATUR (2014-2024)

Adelia, Gita (Unknown)
Malfasari, Eka (Unknown)
Febtrina, Rizka (Unknown)
Azhar, Bayu (Unknown)
Saputra, Candra (Unknown)
Febriyeni, Cindy (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Pendahuluan. Keselamatan pasien merupakan kompetensi inti yang harus dimiliki oleh mahasiswa keperawatan. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi proses pendidikan, termasuk metode pembelajaran dan akses ke praktik klinik, sehingga berpotensi memengaruhi pencapaian kompetensi tersebut. Evaluasi terhadap pendidikan keselamatan pasien sebelum, selama, dan setelah pandemi diperlukan untuk memastikan kesiapan lulusan dalam memberikan pelayanan yang aman dan berkualitas. Tujuan. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengevaluasi transformasi pendidikan keselamatan pasien bagi mahasiswa keperawatan pada tiga periode utama: sebelum, selama, dan setelah pandemi COVID-19. Metode. Tinjauan literatur dilakukan melalui penelusuran pada tujuh basis data, yaitu ScienceDirect, PubMed, Wiley, Taylor Francis, National Library of Medicine, Wolters Kluwer, dan Sage Journals. Kata kunci yang digunakan adalah nursing students AND patient safety. Penyaringan dan pembatasan relevansi dilakukan untuk memastikan artikel yang diperoleh memenuhi kriteria inklusi, meliputi: publikasi antara tahun 2014 hingga 2024, berbahasa Inggris atau Indonesia, berfokus pada mahasiswa keperawatan, serta terindeks Scopus pada kategori Q1, Q2, Q3, atau Q4. Hasil. Sebanyak 46 artikel memenuhi kriteria inklusi. Analisis menunjukkan bahwa Patient Safety dan Patient Safety Competencies merupakan dua kategori yang paling sering ditemukan pada publikasi di ketiga periode waktu sebelum, selama, dan setelah pandemi COVID-19. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

menaramedika

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Menara Medika hanya menerima naskah asli yang belum pernah dipublikasikan baik di jurnal dalam maupun luar negeri. Naskah dapat berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka, studi kasus dan konsep pemikiran inovatif yang menunjang kemajuan ilmu, pendidikan dan praktik kesehatan (keperawatan, ...