Latar Belakang: Kondisi kegawatdaruratan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP) merupakan intervensi yang menjadi penentu dalam kelangsungan hidup korban henti jantung. Pemberian demonstrasi dan simulasi tindakan RJP diiringi irama lagu dilakukan untuk mengenalkan penanganan kegawatdaruratan henti jantung dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan pengetahuan. Sehingga penolong dengan sigap meminta bantuan ketika menemukan korban henti jantung. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan irama lagu Baby Shark terhadap metode pembelajaran (pengenalan dini) tindakan RJP di SDIT Al-Khoiriyah Al-Husna. Metode: Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental two group pretest posttest with control group design dengan sampel sebanyak 70 responden yang diambil menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan Paired Sample Test. Hasil: Penelitian menunjukan rata-rata nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebelum dan setelah diberikan intervensi pengenalan dini disertai penggunaan irama lagu Baby Shark mengalami peningkatan dari 10,17 menjadi 39,06 dengan p 0,000 ( 0,05) dan rata-rata nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pre dan post pada kelompok kontrol 8.49 menjadi 18,11 dengan nilai p 0,000 ( 0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan irama lagu Baby Shark terhadap metode pembelajaran (pengenalan dini) tindakan RJP pada anak usia sekolah di SDIT Al-Khoiriyah Al-Husna.
Copyrights © 2025