Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 2 (2025): In Proses Juli - Desember 2025

Pengaruh Model TGT Berbantuan Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 217 Kampuno

Nur, Muhammad Awal (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)
Rukayah, Rukayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 217 Kampuno Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan teknik One-Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini adalah model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut sebagai variabel terikat dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel bebas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes yang dilakukan sebanyak 2 kali untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum penerapan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut, nilai pretest siswa dengan rata-rata 47.08 dan setelah menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut, hasil posttest siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 84.31; (2) dari hasil pretest dan posttest diperoleh selisih sebesar 37.231. Diketahui bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibanding rata-rata nilai pretest yang menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai dari hasil belajar matematika siswa yang berarti model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa; (3) adapun selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, dari data pretest dan posttest siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.001 lebih kecil dari 0.05 (0.001 < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan. Hipotesis alternatif atau H1 diterima dan hipotesis nol atau H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 217 Kampuno Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...