JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 3 (2025): October : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin (ACCEPTED)

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah Program Studi Psikologi Angkatan 2020 Universitas Negeri Manado

Johana Rily Kojo (Unknown)
Tellma Mona Tiwa (Unknown)
Melkan Naharia (Unknown)
Millan Rogahang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu bentuk dorongan yang menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Motivasi belajar ini memiliki peranan besar dalam keberhasilan seseorang untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah Program Studi Psikologi angkatan 2020 Universitas Negeri Manado (UNIMA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah Program Studi Psikologi Angkatan 2020 UNIMA yang terdiri dari 33 orang dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian ini berdasarkan dari analisis data regresi linear terdapat adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variabel tersebut dimana 0.001 < 0.05. Kemudian nilai R (korelasi) 0.533 dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0.305. Dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...