JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 3 (2025): October : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin (ACCEPTED)

Analisis Kandungan Unsur Hara Limbah Pt. Indolakto Sebagai Pupuk Padat Untuk Tanaman Cabai (Capsicum frutescens L.)

Nisfatul Laela (Unknown)
Rachmaniyah (Unknown)
Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Limbah cair dari industri pengolahan susu menghasilkan lumpur (sludge) pada instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Sludge tersebut berpotensi dimanfaatkan sebagai pupuk organic karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prmberian sludge IPAL PT. Indolakto Pandaan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dosis sludge dan tiga kali pengulangan. Parameter yang diamati meliputi waktu tumbuh tanaman dan hasil kualitas cabai. Hasil penelitian Kandungan N belum memenuhi syarat SNI 19-7030-2004. P memenuhi standar minimum SNI 19-7030-2004. K memenuhi dan melebihi standar SNI pada semua tahap. Perlakuan yang diberikan pada P1 dan P2 dapat mempercepat proses pertumbuhan tanaman. Perlakuan P₁ dan P₂ menunjukkan peningkatan kualitas cabai dibandingkan dengan perlakuan K₀. Hasil uji Anova yang memperoleh nilai signifikasi < 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan waktu tumbuh cabai dengan berbagai perlakuan. Pupuk dari limbah padat PT. Indolakto berpotensi baik terhadap tanaman cabai namun perlu menambahkan sumber N. Untuk mencapai standar yang diperlukan dan mendukung pertumbuhan tanaman yang optimal, disarankan untuk menambahkan kotoran kelelawar atau guano tambahan ke dalam pupuk ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...