Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 9 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Media dan Metode Pembelajaran di SLB Negeri 01 Sleman Yogyakarta

Liyani, Wenny (Unknown)
Andriani, Marya (Unknown)
Kusuma, Usnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Media dan metode belajar merupakan satu hal yang saling berkaitan, karena media dan metode berperan besar dalam kesuksesan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode dan media belajar yang paling efektif dalam proses belajar mengajar di SLB Negeri 1 Sleman Yogyakarta untuk mecapai hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan sosiologis deskriptif kualitatif dikarenakan tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa metode belajar yang digunakan di SLB ditentukan dengan mengidentifikasi kebutuhan masing-masing peserta didik melalui pendekatan oleh pendidik. Untuk metode yang paling sering digunakan adalah metode demonstrasi denga bantuan media visual seperti balok, puzzle, dan gambar. Di SLB Negeri 1 Seleman. Metode demonstrasi terbukti cukup efektif karena metode ini bisa digunakan oleh semua murid terlepas dari kondisi siswa tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakuakan dapat diketahui bahwa pemilihan metode dan media  pembelajaran  yang tepat dapat membantu proses belajar mengajar, kami menyarankan agar penggunaan metode dan media belajar bagi peserta didik harus lebih bervariatif .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...