Rendahnya kemampuan metakognitif siswa sekolah dasar dalam memahami muatan IPAS, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Selain itu, penggunaan media pembelajaran konvensional belum mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses berpikir, sehingga dibutuhkan solusi inovatif berupa e-book interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam memahami muatan IPAS di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan uji statistik inferensial uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-book interaktif pada muatan pelajaran IPAS di kelas IV. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-book interaktif secara efektif dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada muatan IPAS di sekolah dasar. Media pembelajaran digital ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses belajarnya. Implikasi, penggunaan media pembelajaran digital yang interaktif dapat menjadi strategi efektif dalam mengembangkan kemampuan metakognitif siswa, sehingga mendorong keterlibatan aktif, pemahaman konsep yang lebih mendalam, serta kemandirian belajar dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025