Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Vol. 9 No. 2 (2025): July

E-book Interaktif untuk Meningkatkan Metakognitif pada Muatan IPAS di Sekolah Dasar

Kusumakarang, I Made Alit Putra (Unknown)
Suartama, I Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan metakognitif siswa sekolah dasar dalam memahami muatan IPAS, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Selain itu, penggunaan media pembelajaran konvensional belum mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses berpikir, sehingga dibutuhkan solusi inovatif berupa e-book interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam memahami muatan IPAS di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan uji statistik inferensial uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-book interaktif pada muatan pelajaran IPAS di kelas IV. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-book interaktif secara efektif dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada muatan IPAS di sekolah dasar. Media pembelajaran digital ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses belajarnya. Implikasi, penggunaan media pembelajaran digital yang interaktif dapat menjadi strategi efektif dalam mengembangkan kemampuan metakognitif siswa, sehingga mendorong keterlibatan aktif, pemahaman konsep yang lebih mendalam, serta kemandirian belajar dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPSH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical ...