Masalah dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan berbicara dan pemahaman konsep matematika pada anak usia dini, yang dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat satu arah. Kondisi ini berdampak pada kurang optimalnya kemampuan anak dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan memahami konsep dasar matematika secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan pemahaman matematika anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 246 anak usia 5–6 tahun, dengan sampel uji coba sebanyak dua kelas yang ditetapkan secara acak menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dengan instrumen yang telah divalidasi melalui uji validitas isi, validitas butir, serta reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial, meliputi uji prasyarat normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model NHT berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara dan pemahaman konsep matematika anak usia dini, sejalan dengan tujuan penelitian. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi strategi kooperatif dengan media multimodal dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan dasar anak. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru PAUD dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan sesuai karakteristik perkembangan anak.
Copyrights © 2025