Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang dijalankan oleh Mitra UMKM Warung Solata Makale guna meningkatkan kinerja dimasa akan datang dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Kegiatan dimulai dari proses identifikasi kondisi usaha untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat matriks guna menentukan posisi dari UMKM tersebut. Selanjutnya bersama mitra menyusun strategi ke depan. . Hasil analisis SWOT menempatkan Mitra UMKM Warung Solata berada pada Kuadran kedua yaitu mempunyai kekuatan namun mendapat ancaman. Beberapa strategi yang dirumuskan antara lain memaksimalkan kekuatan lewat langkah diversifikasi produk, mempertahankan cita rasa produk makanan, kualitas bahan dan kuantitas takaran. Memanfaatkan peluang dengan menggaet konsumen baru dari wisatawan-wisatawan yang banyak berkunjung ke Toraja yang dibarengi dengan diversifikasi produk yang sejalan dengan selera konsumen baru dari para wisatawan yang selama ini belum disajikan. Meminimalkan kelemahan lewat langkah peningkatan promosi, menggunakan sistem akuntansi yang lebih baik, melakukan regenerasi manajemen pengelolaan, memperbaiki sarana prasarana dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.
Copyrights © 2025