SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengembangan E-Handout Pembelajaran Fisika Berbantuan Canva pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA/MA

Sitorus, Khairiah Sari (Unknown)
Sahyar, Sahyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Handout pembelajaran fisika yang ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan dari E-Handout. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika, kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, serta belum optimalnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RD) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu : analyze, design, development, implementasi, dan evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAS Islamiyah Gunting Saga, dengan sampel uji coba yang diambil dari kelas XII MIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Handout yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik dengan persentase rata-rata penilaian guru sebesar 95,71% dan respon siswa sebesar 70%. Selain itu, E-Handout ini juga dinyatakan sangat efektif dengan skor N-Gain sebesar 0,73, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dan nilai rata – rata posttest sudah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pengembangan E-Handout pembelajaran fisika sudah sangat layak untuk digunakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...