Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Handout pembelajaran fisika yang ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan dari E-Handout. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika, kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif, serta belum optimalnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RD) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu : analyze, design, development, implementasi, dan evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAS Islamiyah Gunting Saga, dengan sampel uji coba yang diambil dari kelas XII MIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Handout yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat baik dengan persentase rata-rata penilaian guru sebesar 95,71% dan respon siswa sebesar 70%. Selain itu, E-Handout ini juga dinyatakan sangat efektif dengan skor N-Gain sebesar 0,73, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dan nilai rata – rata posttest sudah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pengembangan E-Handout pembelajaran fisika sudah sangat layak untuk digunakan.
Copyrights © 2025