SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam

Damanik, Denada (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning, PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Fokus utama penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model PBL serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI-1 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test sebelum penerapan model PBL adalah 62,50, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah penerapan model PBL meningkat menjadi 85,00. Uji statistik menghasilkan t-hitung = 6,742, yang lebih besar dari t-tabel = 2,034 pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa model PBL memberikan dampak yang bermakna terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penerapan model PBL tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama melalui keterlibatan aktif dalam penyelesaian masalah nyata. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis masalah dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...