Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SDN 004 Pulau Kijang melalui penerapan permainan menyusun kata. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan menyusun kata mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktof, serta meningkatkan minat, motivasi, perhatian, dan rasa percaya diri siswa. Peningkatan kemampuan membaca terlihat dari presentase ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan, yaitu 45,4% pada pra siklus, 63,6% pada siklus I dengan rata-rata nilai 69, dan mencapai 100% pada siklus II dengan rata-rata nilai 84. Dengan demikian, permainan menyusun kata terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas awal sekolah dasar.
Copyrights © 2025