SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Penerapan Permainan Menyusun Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SDN 004 Pulau Kijang

Surya, Azzura Salsabila (Unknown)
Fitriyeni, Fitriyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SDN 004 Pulau Kijang melalui penerapan permainan menyusun kata. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan menyusun kata mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktof, serta meningkatkan minat, motivasi, perhatian, dan rasa percaya diri siswa. Peningkatan kemampuan membaca terlihat dari presentase ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan, yaitu 45,4% pada pra siklus, 63,6% pada siklus I dengan rata-rata nilai 69, dan mencapai 100% pada siklus II dengan rata-rata nilai 84. Dengan demikian, permainan menyusun kata terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas awal sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...