SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pembuatan Bahan Ajar E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Elastisitas di Kelas SMA Negeri 6 Pematangsiantar

Siagian, Gracia Putri (Unknown)
Panggabean, Deo Demonta (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul fisika dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA yang berjumlah 32 orang siswa di SMA Negeri 6 Pematangsiantar, seorang guru bidang studi, 2 orang dosen ahli materi, dan 2 orang dosen ahli media. Instrumen penelitian meliputi angket uji kelayakan ahli materi dan media, angket respons guru dan siswa, serta soal pretest-posttest. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan E-Modul berada dalam kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan berdasarkan respons guru dan siswa memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Uji N-Gain menghasilkan hasil efikasi sebesar 75,24% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa E-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi elastisitas telah berhasil dimanfaatkan sebagai sumber ajar alternatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...