SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Kuantan Hilir Seberang

Yuslianti, Iis (Unknown)
Hambali, Hambali (Unknown)
Haryono, Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena yang terjadi di lapangan yang dimana, berdasarkan hasil observasi yang dilakukakan di SMA Negeri 01 Kuantan Hilir Seberang, siswa menunjukan prilaku kurang fokus dalam proses pembelajaran seperti mengobrol saat pembelajaran, sering izin tanpa alasan jelas, dan tidak mengerjakan tugas. Penyebabnya adalah metode pembelajaran guru yang monoton,ketergantungan pada buku teks terbatas, dan pemanfaatan lingkungan sekolah yang belum optimal. Beberapa guru masih ragu menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, ditambah suasan kelas yang kurang mendukung membuat siswa meras bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kreativitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 01 Kuantan Hilir Seberang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil uji signifikan regresi linier sederhana menunjukkan F hitung 16,427 ≥ F tabel 3,96, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah variabel X berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa variabel Y.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...