Perkembangan teknologi menyebabkan seorang guru harus memahami teknologi tersebut untuk menciptakan beberapa inovasi baru yang akan di terapkan di sekolah dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus menguasai penggunanaan teknologi karena dalam penyampaian materi tidak lagi menggunakan papan tulis saja tetapi mengunakan media. Maka dari itu, guru tidak lagi menyampaikan materi secara manual melainkan menggunakan media untuk menyampaikan bahan ajar. Tujuan dari peneltian ini yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran akuntansi pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan pendekatan model ADDIE, yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penilaian kelayakan yang digunakan berupa lembar telaah ahli media dan materi, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data yang didapat akan diolah dan analisis menggunakan teknik prosentase secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi untuk materi akuntansi perusahaan jasa yang dikembangkan dengan model ADDIE hingga tahap pengembangan memiliki tingkat kevalidan tinggi. Validasi ahli materi mencapai 87,5% (sangat valid), ahli media 87% (valid), dan ahli isi soal 94% (sangat valid). Uji kepraktisan oleh 19 siswa XI AKL SMK PGRI Pekanbaru memperoleh skor 91% (sangat praktis). Efektivitas media mencapai 82% berdasarkan KKM. Dengan demikian, video animasi ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran akuntansi jasa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025