SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Penggunaan Istilah Asing dan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia terhadap Pemahaman Konsep Fisika di Kalangan Siswa SMA

Manalu, Ronna Vivi Lina (Unknown)
Pane, Siti Anisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Pemahaman konsep fisika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan istilah asing dan kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa. Penggunaan istilah asing dalam buku teks dan pembelajaran sering kali menjadi kendala bagi siswa yang memiliki keterbatasan dalam literasi bahasa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan istilah asing dalam fisika dan tingkat literasi bahasa Indonesia memengaruhi pemahaman konsep fisika siswa SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner Google Form dan tes pemahaman konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat literasi bahasa yang lebih tinggi cenderung lebih mudah memahami konsep fisika, terlepas dari penggunaan istilah asing. Namun, penggunaan istilah asing yang tidak dijelaskan dengan baik dapat menjadi hambatan dalam pembelajaran. Studi ini merekomendasikan strategi pengajaran yang menyeimbangkan penggunaan istilah asing dengan penjelasan bahasa Indonesia yang lebih sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...