IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMK NEGERI 6 MEDAN

Apriani, Wulan (Unknown)
Nura, Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan multimediapembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas XIjurursan manajemen perkantoran di SMK Negeri 6 Medan. Penggunaan memilikiarti proses, cara perbuatan memakai sesuatu, atau pemakaian. Multimediapembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untukmenyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dankemauan peserta didik sehingga dapat mendorong proses belajar. Sementara itu,motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal yang mendorong siswauntuk mencapai tujuan belajar mereka.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan manajemen perkantorandi SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilansampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan datadilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan regresilinear berganda. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen variabelmultimedia pembelajaran memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,639, motivasibelajar sebesar 0,611, dan hasil belajar sebesar 0,712

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...