Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan multimediapembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas XIjurursan manajemen perkantoran di SMK Negeri 6 Medan. Penggunaan memilikiarti proses, cara perbuatan memakai sesuatu, atau pemakaian. Multimediapembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untukmenyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dankemauan peserta didik sehingga dapat mendorong proses belajar. Sementara itu,motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal yang mendorong siswauntuk mencapai tujuan belajar mereka.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan manajemen perkantorandi SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilansampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan datadilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan regresilinear berganda. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen variabelmultimedia pembelajaran memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,639, motivasibelajar sebesar 0,611, dan hasil belajar sebesar 0,712
Copyrights © 2025