IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

Analisis Strategi dan Dampak Content Marketing Terhadap Engagement Pada Akun Instagram @indibiz.sumatera

Nugraha, Fathan Arya (Unknown)
Saputra, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan dampak content marketingterhadap engagement pada akun Instagram @indibiz.sumatera. Latar belakangpenelitian berfokus pada meningkatnya penggunaan media sosial sebagai saranapemasaran digital yang efektif, khususnya dalam meningkatkan interaksi audiens.Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknikwawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis konten. Objek penelitian adalahkonten yang dipublikasikan oleh akun Instagram @indibiz.sumatera pada periodeJanuari–Maret 2025, serta tim pengelola akun tersebut. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi content awareness, productplacement, soft selling, hard selling, kolaborasi dengan KOL, testimoni, dangiveaway. Dampak yang ditemukan adalah adanya peningkatan engagement berupalikes, views, dan pertumbuhan jumlah followers, meskipun tidak semua kontenberkualitas tinggi selalu menghasilkan engagement yang tinggi. Penelitian inimenegaskan pentingnya strategi content marketing yang kreatif dan adaptif untukmembangun brand image serta meningkatkan keterlibatan audiens di media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...