IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

Optimalisasi Fitur Boost Ads Instagram dalam Meningkatkan Engagement UMKM Naslon

Situmorang, Desy Natalye Br (Unknown)
Haryadi, Haryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Instagram Boost Ads sebagai strategiuntuk meningkatkan engagement pada akun media sosial UMKM Naslon(@naslon_nibung2). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat interaksi,jangkauan, dan pertumbuhan pengikut pada akun Instagram UMKM Naslon, yangdisebabkan oleh konten yang kurang interaktif dan informatif serta jadwal unggahan yangtidak konsisten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapanBoost Ads dan strategi content marketing yang terstruktur dapat meningkatkan engagementakun tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif denganpendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancaradengan pengelola akun, dan dokumentasi insight Instagram selama 28 hari, dari 12 Meihingga 8 Juni 2025. Strategi yang diimplementasikan meliputi pembuatan content planyang sistematis dan penerapan Boost Ads pada 8 konten pilihan dari total 52 konten yangdiunggah selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan performaakun yang signifikan setelah penerapan strategi. Total engagement (meliputi likes,comments, shares, saves, dan click the link) meningkat sebesar 17.700%, dari 31 interaksimenjadi 1.268 interaksi. Jangkauan (reach) akun melonjak sebesar 6.500%, dari 1.014menjadi 67.431 akun. Pertumbuhan pengikut (followers growth) juga meningkat sebesar76%, dari 25 menjadi 44 pengikut baru. Tingkat keterlibatan (engagement rate) akunberhasil mencapai 1,8%, yang masuk dalam kategori "Baik". Kesimpulan dari penelitianini adalah bahwa penerapan Boost Ads yang didukung oleh content marketing yangterencana dan konsisten terbukti sangat efektif dalam meningkatkan engagement,memperluas jangkauan audiens, dan menumbuhkan jumlah pengikut pada akun InstagramUMKM Naslon.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...