KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol. 14 No. 2 (2025)

Desain Pembelajaran Inovatif Algoritma dan Pemrograman Berbasis Project Based Learning

Subawa, I Gede Bendesa (Unknown)
Wahyuni, Dessy Seri (Unknown)
Pradnyana, I Ketut Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran inovatif pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dalam platform e-learning. Latar belakang penelitian ini adalah kelemahan pendekatan tradisional yang terlalu berfokus pada teori sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami konsep secara mendalam dan mengaitkannya dengan praktik nyata. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan pembelajaran, serta pengembangan media pada e-learning. Pada tahap analisis, diidentifikasi permasalahan utama yaitu kurangnya praktik langsung dan interaktivitas pembelajaran. Tahap perancangan menghasilkan pemetaan tujuan, capaian, indikator, dan aktivitas berbasis proyek. Selanjutnya, tahap pengembangan dilakukan pada platform e-learning Undiksha dengan memanfaatkan fitur interaktif untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Produk yang dihasilkan diuji validitasnya oleh dua ahli desain dan media. Hasil uji menunjukkan tingkat validitas tinggi (0,67), kemudian setelah revisi meningkat menjadi sangat tinggi (1,00). Temuan ini mengindikasikan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran algoritma dan pemrograman. Penelitian ini juga memberikan implikasi bahwa integrasi PjBL dan e-learning dapat menjadi model alternatif dalam pembelajaran berbasis proyek di pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025