Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan perilaku tanggung jawab sosial pada anak melalui permainan. Yang menarik adalah permainan petak umpet. Melalui permainan ini interaksi sosial anak berupa perubahan tingkah laku anak dapat tersalurkan, empati, etika dan sikap positif dapat tumbuh melalui permainan petak umpet. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rencana tindakan ini mencakup langkah-langkah pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Alat yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, 12 anak direkrut sebagai subjek penelitian dan dinilai berdasarkan kriteria BB, MB, BSH dan BSB. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai aktivitas prasiklus sebesar 39%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai sebesar 64%, dan pada siklus II memberikan nilai sebesar 84%, nilai yang mencapai nilai maksimumnya
Copyrights © 2024