Nilai bagi pelanggan (customer value) merupakan salah hal yang penting bagi sebuah usaha. Nilai bagi pelanggan atau customer value diperlukan sebagai bagian dari keunggulan kompetitive bagi perusahaan yang akan diberikan kepada customer. Customer akan memberikan pengorbanan biaya jika mereka dapat memperoleh nilai sebagai gambaran terhadap apa yang akan mereka terima terkait dengan produk usaha yang dihasilkan perusahaan. Untuk menciptakan nilai bagi pelanggan, perusahaan harus dapat memahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi penciptaan nilai tersebut. Bagi usaha yang masih relative baru, proses penciptaan nilai tersebut biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Usaha yang masih relative baru, berada pada tahap perkembangan. Oleh karena itu, diperlukan stimulus dan model yang lebih mudah diterapkan bagi usaha yang relative baru dalam menciptakan nilai tersebut. Kondisi ini terjadi pada pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas Bangga Semarang. Sebagai usaha yang baru berdiri pada masa pandemi Covid-19, pelaku usaha ini memerlukan pendekatan yang lebih mudah dalam proses penciptaan nilai tersebut. Salah satu cara atau model yang dapat digunakan dalam usaha mencari dan menciptakan nilai adalah menggunakan bisnis model canvas. Metode ini digunakan untuk memahami berbagai elemen kunci dalam pengembangan nilai, yaitu customer segmen, value proposition, channels, customer relation,revenue stream, key resources, key activities, key partners,dan cost structure. Metode ini dapat membantu pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas Bangga Semarang dalam menganalisis secara lebih mudah berbagai faktor tersebut. Oleh karena itu, program PKM ini akan dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas bangga Semarang dalam penciptaan nilai bagi pelanggan. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan juga pendampingan terhadap anggota dalam komunitas dalam membuat, serta menerapkan bisnis model canvas. Melalui program PKM ini, diharapkan pelaku usaha dapat bertahan pasca pandemi dengan terus meningkatkan nilai bagi pelanggan.
Copyrights © 2023