Era globalisasi abad ke-21, yang didorong oleh kemajuan teknologi informasi yang pesat, telah membawa paradigma baru dalam memaknai tujuan pendidikan nasional, yang tidak lagi sekadar mencerdaskan bangsa tetapi juga mempersiapkan generasi muda menghadapi dinamika global. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan pemahaman generasi muda, khususnya mahasiswa, mengenai tantangan strategis di era digital serta peluang yang dapat dimanfaatkan untuk kontribusi nyata. Mitra sasaran kegiatan adalah 50 orang mahasiswa dari berbagai latar belakang disiplin ilmu di sebuah perguruan tinggi. Metode pelaksanaan yang diterapkan adalah pendekatan partisipatif-edukatif, yang diwujudkan melalui tiga tahap utama: pelatihan konseptual, pendampingan intensif dalam menyusun proyek inovasi, dan praktik langsung menggunakan alat-alat penulisan dan teknologi terkini. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan capaian yang signifikan. Secara kualitatif, terjadi peningkatan kesadaran mahasiswa akan tantangan seperti kualitas pendidikan di tengah gempuran media digital dan pentingnya penguasaan tools karya tulis, serta kemampuan mengidentifikasi peluang pengembangan teknologi. Secara kuantitatif, 90% peserta terlibat aktif dalam sesi diskusi, dan hasil kuesioner pasca-kegiatan mencatat bahwa 85% mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman yang signifikan. Dampak dari kegiatan ini adalah terbinanya kesiapan mahasiswa sebagai agen perubahan yang lebih matang. Bagi para pemangku kepentingan, temuan ini dapat menjadi dasar dalam menyusun kebijakan yang lebih tepat guna untuk memperkuat sinergi tridharma perguruan tinggi dalam upaya kolektif mewujudkan visi Indonesia Emas 2045
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025