Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Penerapan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar dan Dampaknya terhadap Keterampilan Berwiraswasta

Sayekti, Pina Indah (Unknown)
Markhamah (Unknown)
Laili Etika Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan literasi finansial di SD Negeri 01 Lalung untuk mendukung pengembangan keterampilan berwiraswasta siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi kegiatan literasi finansial dan dampaknya terhadap kewirausahaan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan siswa, guru, orang tua, dan dokumentasi. Teknik validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode, serta analisis tematik menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi finansial, seperti sosialisasi dengan bank, market day, dan simulasi keuangan, membantu siswa dalam mengelola uang saku, menabung, dan bertanggung jawab secara finansial. Selain itu, kegiatan seperti bazar memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih berwirausaha, mengembangkan kreativitas, dan memahami konsep bisnis sejak dini. Program ini juga mendorong kemandirian siswa dalam mengelola keuangan dan membentuk sikap bijak terhadap uang. Jadi, pendidikan keuangan perlu ditanamkan sejak dini. Ini membentuk karakter anak untuk hidup hemat, mandiri, dan bertanggung jawab. Keberhasilan program ini menjadi dasar penting untuk transformasi pendidikan ekonomi di tingkat dasar. Literasi finansial tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga memberikan keterampilan hidup yang relevan untuk menghadapi tantangan sosial dan ekonomi di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...