Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengelolaan Alat Peraga Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Salman Munthe (Unknown)
Lily Rohanita Hasibuan (Unknown)
Sakinah Ubudiyah Siregar (Unknown)
Nurlina Ariani Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Proses pendidikan di kelas adalah bagaimana para siswa bisa bersemangat, antusias, dan berbahagia dalam mengikuti pelajaran di kelas, bukannya terbebani dan menjadikan pelajaran di kelas sebagai momok yang menakutkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui tindakan bermakna yang dirancang dan diamati secara sistematis oleh guru untuk memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam pembelajaran matematika terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 53 (ketuntasan 36%) pada pra siklus menjadi 56,25 (56,25%) pada siklus I, 58,25 (61,75%) pada siklus II, dan mencapai 67,5 (81,25%) pada siklus III. Penggunaan media tiga dimensi dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran Matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak menjadi lebih konkret sehingga hasil belajar siswa meningkat. Selain itu, guru perlu lebih sering memanfaatkan media pembelajaran inovatif agar suasana belajar lebih interaktif, menarik, dan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...