Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengembangan Instrumen Supervisi Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Ananda Edy (Unknown)
Sukirman (Unknown)
Salmilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Transformasi pendidikan kontemporer menuntut kepala sekolah menerapkan supervisi berbasis kepemimpinan transformasional untuk mengoptimalkan kinerja guru. Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen supervisi kepemimpinan transformasional yang valid dan praktis dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sabbang. Metode Research and Development mengintegrasikan model Rattray & Jones dengan pendekatan ADDIE. Subjek penelitian adalah kepala sekolah sekolah dasar negeri di Kecamatan Sabbang. Instrumen dikembangkan berbasis Google Form mengukur empat dimensi kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Validasi ahli menghasilkan validitas isi sangat tinggi: materi 94%, bahasa 93%, digital 96%. Uji validitas konstruk pada 20 responden menunjukkan seluruh indikator memiliki Corrected Item-Total Correlation > 0,30 dengan reliabilitas Cronbach's Alpha 0,841. Praktikalitas instrumen mencapai 98% berdasarkan penilaian kepala sekolah. Instrumen supervisi kepemimpinan transformasional terbukti valid, reliabel, dan praktis untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...