Rendahnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Skripsi ini membahas tentang E-Modul berbantu Flipbook Materi Kegiatan Ekonomi Terintegrasi Nilai-Nilai Kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik, mendeskripsikan desain, mendeskripsikan kepraktisan, mendeskripsikan keefektivan dengan E-Modul pembelajaran materi kegiatan ekonomi. Jenis penelitian pengembangan atau Research and Development ( R & D ) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari 5 tahapan yaitu : (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan lembar tes yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik. Subjek pada penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik kelas V MI 04 Murante. Hasil penelitian ini menghasilkan produk E-Modul berbantu flipbook materi kegiatan ekonomi terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal kelas V MI 04 Murante, Kec. Suli Kab. Luwu. Analisis kebutuhan peserta didik membutuhkan sebuah bahan ajar yang lebih menarik untuk menambah minat belajar, Desain E-Modul dilakukan di aplikasi canva dan bantuan flipbook untuk membuat tampilan lembaran yang dapat berpindah-pindah pada E-Modul. Divalidasi oleh 3 validator, yaitu validator materi dengan nilai 87,5% (sangat valid), validator media 90% (sangat valid), validator bahasa 92% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilai sebesar 96% (sangat praktis), hasil uji kepraktisan peserta didik diperoleh nilai 90% (sangat praktis). Untuk hasil uji efektivitas diperoleh ≥75 nilai 88% hingga diketahui E-Modul berbantu flipbook materi kegiatan ekonomi terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal sangat efektif untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025