Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi dalam pembelajaran bilangan di kelas 2 SDN Bangetayu Wetan 01. Metode penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas), subjek penelitian ini adalah kelas 2 SDN Bangetayu Wetan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu soal essay tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Diperoleh hasil pada siklus I. Dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 21 orang siswa (70%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 9 orang siswa (30%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 66,18. Pada siklus II, dari kemampuan literasi numerasi siklus II yang didapat kemudian kembali reduksi dan matematika bentuk tabel dengan menggunakan rumus yang sama seperti siklus I. Ternyata dari 30 siswa, terdapat 28 orang siswa (93,33%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (6,67%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 82,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan literasi numerasi dalam pembelajaran bilangan di kelas 2 SDN Bangetayu Wetan 01.
Copyrights © 2025