Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SDN 87 Pattiro, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui Paired Sample t-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 26. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah penerapan model pembelajaran SAVI. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05, dan nilai t-hitung (21,692) lebih besar daripada t-tabel (2,06390), yang menunjukkan bahwa model SAVI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang melibatkan pengalaman langsung (somatic), pendengaran (auditory), visualisasi (visual), dan pemikiran intelektual (intellectual) efektif meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, guru disarankan mengimplementasikan model pembelajaran SAVI untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025