Penelitian ini bertujuan unruk mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi bertema lingkungan pada kelas IV SD Negeri 1 Ulak Jermun. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wali kelas IV, dan siswa kelas IV. Instrumen penunjang dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdsarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan pada siswa kelas IV untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah baik, dan untuk hasil evaluasi pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan siswa sudah terkategori baik. Pada aspek tema 77, 58%, pada aspek diksi 70, 68%, pada aspek baris dan bait 71, 55%, dan untuk aspek rima 74, 13%.. Berdasarkan hasil dari nilai keseluruhan siswa yaitu dengan rata-rata 78, 79% itu artinya pembelajaran menulis puisi bertema lingkungan termasuk kedalam kategori baik dan mampu.
Copyrights © 2025