Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM TABEL MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS III SD NEGERI 157610 PANDAN 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Safitri, Reviva (Unknown)
Nurbaiti, Nurbaiti (Unknown)
Zulfadli, Zulfadli (Unknown)
Putri Pasaribu, Adinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penyajian Data Dalam Tabel di kelas III SD Negeri 157610 Pandan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April di SD Negeri 157610 Pandan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 157610 Pandan 2 Kabupaten Tapanuli Tengah dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Peneliti menggunakan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam proses pembelajaran, peneliti memiliki 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir atau penutup. Pada penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar terbukti dengan diperolehnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Berdasarkan tes akhir pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Perubahan pada hasil belajar siswa menjadi dampak positif dan berpengaruh pada pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil lembar aktivitas guru menggunakan Model Problem Based Learning pada siklus 1 sebesar 46,25% dan pada siklus II sebesar 85%. Sedangkan hasil lembar aktivitas siswa pada siklus I sebesar 47,91% dan siklus II sebesar 91,66% maka dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar siswa meningkat dan termasuk kedalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan tiap siklus, siklus I sebesar 45,45% dan pada siklus II sebesar 77,27%. Dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penyajian Data Dalam Tabel pada kelas III SD Negeri 157610 Pandan 2.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...