Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPAS masih berada dibawah KKTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas V SD di SD Negeri 99 Palembang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian ekperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan dari hasil hipotesis uji Wilcoxon Match Pairs Test dilihat dari Mean Ranks Positive Ranks mengalami peningkatan sebesar 10,50 dan Negative Ranks tidak mengalami penurunan yaitu sebesar 0,00 dimana artinya terjadi peningkatan hasil belajar IPAS siswa setelah mendapatkan treatment, serta diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 ≤ 0,05, maka dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, sesuai kriteria pengujian hipotesis jika Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Game Based Learning (GBL) berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V.
Copyrights © 2025