Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 4 No 1 (2025): 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SUKOLILO

Kholissotussafaah (Unknown)
Fauzi, Afif Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca intensif siswa menggunakan model pembelajaran word square yang dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo, yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dalam dua pertemuan, dimana perolehan nilai rata-rata individu pada pertemuan I adalah 73,28% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II 77,73%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat membuat siswa aktif dan bersemangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sukolilo pada materi Teks Non Fiksi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMI (Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah) adalah jurnal yang diterbitkan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun pada bulan Juni dan Agustus, dan Desember. Selanjutnya jurnal ini diterbitkan ...