JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 11 No. 1 (2025): In Press Juni

Analisis Penggunaan Bahasa dalam Teknik Wicara Publik dr. Aisyah Dahlan pada Konten YouTube “Ngobrol Asyik No Drama dengan Anak

Kasmanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa dalam teknik wicara publik dr. Aisyah Dahlan di media sosial YouTube yang berjudul “Ngobrol Asyik No Drama dengan Anak”. Fokus utama penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pilihan kata, struktur kalimat, intonasi dan gaya bahasa yang digunakan dr. Aisyah Dahlan selaku Psikolog dan Konselor dalam memberikan edukasi kepada audien melalui teknik wicara publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian di media sosial YouTube. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa dalam teknik wicara publik yang diterapkan oleh dr. Aisyah Dachlan sangat memengaruhi audien. Penggunaan diksi yang tepat, struktur kalimat yang jelas dan mudah dipahami, intonasi yang variatif, dan gaya bahasa yang menarik dengan memberikan analogi dan humor yang membuat audien terhibur dan nyaman. Selain itu, partisipasi audien dalam media sosial YouTube pada konten “Ngobrol Asyik No Drama dengan Anak” juga dapat dilihat dari interaksi dan komentar positif di kolom diskusi serta jumlah like sebanyak 2.200 dan subcriber 367.000. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa dalam teknik wicara publik dr. Aisyah Dachlan menjadi salah satu kunci keberhasilan yang mampu menggerakkan audien untuk melakukan perubahan dan berinovasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...