Kemampuan berpikir kreatif dan self confidence dianggap perlu untuk menanamkan kemampuan dan keyakinan siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan data yang dilihat dari hasil pra penelitian bahwa masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Desain. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas atau Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence pada peserta didik.
Copyrights © 2025