ABSTRAK Penelitian ini berawal dari ditemukannya fenomena tentang manajemen kelas yang diterapkan oleh guru namun untuk efektivitasnya belum maksimal. Tujuan penelitian ini mengungkap tentang: (1) kegiatan manajemen kelas dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru di kelas III SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2024-2025. (2) implementasi manajemen kelas dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru di kelas III SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2024-2025. (3) hambatan manajemen kelas dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru di kelas III SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik, serta member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penataan ruang kelas dilakukan dengan memperhatikan kenyamanan, pengaturan tempat duduk menggunakan formasi tradisional, ventilasi dan pencahayaan dinilai tidak baik, dimensi preventif dilakukan dengan menyusun aturan kelas serta dimensi kuratif dilakukan dengan memberikan teguran langsung dan hukuman kepada siswa. (2) keterlibatan dan kedisiplinan siswa menggunakan metode bervariasi dan menerapkan aturan kelas, pertisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dilihat dari manajemen kelas yang baik, hubungan antara manajemen kelas dengan hasil pembelajaran siswa, melalui perubahan positif siswa, observasi langsung di kelas dilakukan dengan melihat suasana kelas, umpan balik yang didapatkan dari siswa ditanggapi dengan sikap terbuka dan melibatkan siswa dalam penyusunan aturan serta (3) Guru kesulitan dalam menjaga konsentrasi dan keterlibatan siswa, siswa kesulitan dalam mata pelajaran, lingkungan keluarga siswa memberikan pengaruh kepada proses belajar siswa, dan fasilitas yang tersedia di sekolah cukup mendukung. Kata Kunci: Efektivitas, Manajemen Kelas, Pelaksanaan Pembelajaran, Guru
Copyrights © 2025