Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 4 (2025)

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Directed Reading Activity di Kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan

Windi, Windi (Unknown)
Aprizan, Aprizan (Unknown)
Puput Wahyu Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan peningkatan keterampilan dan proses membaca pemahaman menggunakan strategi Directed Reading Activity di kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan untuk memperbaikan proses dan hasil pembahasan penelitian ini dilakukan dalam dua siklu yang dimana terdapat empat kali pertemuan Langkah-langkah tahap penelitian perancanaan kelakuan pengamatan,dan analisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantara lainya : penerapan pembelajaran dengan menggunkan  strategi directed reading activity  meningkatkan proses belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan. Hal ini terlihat dari proses mengajar pendidik siklus 1 pertemuan 1 55,71%, kemudian  pada pertemuan 2 68,57% dan pada siklus 2 pertemuan 1 84,28% dan pada pertemuan ke 2 95,71%. Begitulah dengan pengamatan pembelajaran peserta didik juga mengalami kenaikan dalam setiap pertemuan. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca pada siklus 1 50%  dan siklus 2 77,78% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi directed reading activity dapat peningkatan keterampilan membaca  pemahaman pada kelas IV SDN 102/II Sungai Kerjan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...